19 Days Overland ASEAN : Itinerary

August 31, 2019


Entah hal apa yang membuatku kesambet dan memikirkan untuk merencanakan perjalanan Overland ASEAN. Tapi, saat itu aku memang sedang merenung tentang hal apa yang akan aku lakukan untuk mengisi waktu libur semester kuliah selama kurang lebih 2 bulan dan tiba-tiba muncullah ide untuk melakukan perjalanan panjang keliling beberapa negara di Asia Tenggara. Lalu, timbul pertanyaan di benakku, berapa lama waktu yang dibutuhkan dan berapa biaya yang harus kita keluarkan sih untuk keliling Asia Tenggara?

2 bulan sebelum keberangkatan atau tepatnya bulan Juni, aku mulai aktif memantau beberapa website dan aplikasi maskapai yang memang terkenal memberikan promo penerbangan murah untuk para traveler, sebut saja Air Asia dan JetStar. Sembari hunting ticket murah, aku juga melakukan aktivitas blog-walking, membuka satu blog ke blog lainnya dari para traveler yang sudah pernah melakukan perjalanan serupa untuk sekadar mengintip pengalaman mereka selama keliling Asia Tenggara.

Aku merencanakan semuanya sendiri, tak banyak publikasi, dan tak berencana untuk mengajak teman dari Indonesia karena memang lingkup pertemananku yang sepertinya sulit untuk menemukan teman yang mau diajak susah backpackeran seperti aku hahaha. Aku sudah memantapkan diri untuk hal ini dan mulai sedikit demi sedikit membuat itinerary kecil tentang pilihan negara, jumlah hari, tempat wisata, transportasi, dan penginapan selama aku berjalan nantinya.

NEGARA TUJUAN


Setelah browsing kesana kemari, pilihanku akhirnya mengerucut pada 5 negara di ASEAN yaitu Singapura-Malaysia-Thailand-Cambodia-Vietnam. Aku memilih 5 negara tersebut sebagai destinasi tujuanku karena letak geografisnya yang berada dalam 1 daratan sehingga memungkinkan untuk melakukan perjalanan lintas perbatasan via darat antar negara. Selain itu, banyak traveler dari dalam negeri maupun luar negeri yang telah membagikan pengalamannya keliling Asia Tenggara melalui platform blog atau melalui video di channel youtube sehingga kedua hal tersebut semakin memantapkan hatiku untuk pergi ke 5 negara yang telah aku sebutkan tadi.

Setelah penentuan rute tersebut, aku mulai menyalakan push notifications di handphoneku agar aku bisa terinfo jika ada surat elektronik dari Air Asia dan JetStar yang memberitahukan adanya tiket promo menuju ke Singapura. Bak gayung bersambut, tanggal 20 Juni 2019 aku mendapatkan email dari Air Asia kalau mereka mengadakan promo di berbagai rute pilihan termasuk Singapura. Aku mengecek langsung ke aplikasi Air Asia dan akhirnya mendapatkan tiket penerbangan murah dari Jakarta-Singapura yang akan berangkat pada tanggal 10 Agustus 2019 dengan harga Rp 250.000. Cukup murah bukan? Hehehe. 

Tiket pesawat yang aku beli hanya untuk keberangkatan saja menuju Singapura, sedangkan untuk tiket pulangnya, aku belum menentukan dari kota mana. Meskipun aku merencanakan untuk mengakhiri perjalananku di Viet Nam, tapi aku tak menutup kemungkinan kalau nantinya aku bisa mengakhiri perjalanan lebih cepat karena perjalanan ini adalah pengalaman pertamaku ke luar negeri sehingga aku berpikiran mungkin nantinya aku akan kecapekan sehingga tidak bisa sampai Viet Nam. Saat itu, semuanya serba abu-abu, tidak ada kejelasan dimana aku akan menghentikan langkahku.

WAKTU
Berbicara soal waktu yang pas untuk travelling ke negara ASEAN, sepertinya tidak masalah kalian mau pergi kapanpun karena pada dasarnya kondisi iklim di negara-negara Asia Tenggara kurang lebih sama dengan Indonesia yaitu terdiri dari 2 musim, musim penghujan dan musim kemarau. 

Mengenai durasi perjalanan, sebenarnya tidak ada patokan yang baku tentang berapa lama kamu harus pergi agar bisa mengunjungi kelima negara tersebut. Tapi, menurut pengalaman dari para traveler, waktu 2 minggu atau lebih sangat disarankan  agar kita bisa lebih leluasa menikmati liburan di suatu kota dan tidak tergesa-gesa berpindah dari satu kota ke kota lainnya. Aku sendiri merencanakan untuk mengelilingi kelima negara tersebut antara 3-4 minggu mempertimbangkan budget dan pengalaman traveling ke luar negeri yang masih sangat minim.

Beginilah itinerary umum yang aku rancang

NO.

DATE

COUNTRY

CITY

1.

10-11 August 2019

Singapore

Singapore

2.

12 August 2019

Malaysia

Singapore-Malacca

3.

13 August 2019

Malacca

4.

14-15 August 2019

Kuala Lumpur

5.

16-18 August 2019

Penang

6.

19-22 August 2019

Thailand

Bangkok

7.

23-24 August 2019

Cambodia

Siem Reap

8.

25 August 2019

Phnom Penh

9.

26-28 August 2019

Viet Nam

Ho Chi Minh City

>>TIPS<<
Dalam menyusun itinerary, kalian harus pertimbangkan juga moda transportasi yang digunakan untuk berpindah dari satu negara ke negara lain dan mengeceknya langsung di situs online booking. Sebagai contoh, aku lebih memilih moda transportasi bus dengan pertimbangan biaya yang murah. Namun harus diperhatikan berapa lama waktu perjalanan yang kita tempuh tersebut menggunakan bus, sehingga nantinya kita bisa mengira-ngira kegiatan apa yang akan kita lakukan ketika sudah sampai di negara tujuan.

Selain itu, sediakan waktu di sela-sela perjalanan kamu untuk sekedar beristirahat di hostel atau nongkrong di café saja karena tidak dapat dipungkiri bahwa perjalanan ribuan kilometer via darat dengan bus/kereta api bakal menjadi perjalanan yang sangat melelahkan bagi ketahanan fisik kalian.

Itinerary yang aku buat hanya aku jadikan pegangan saja agar aku bisa tahu setidaknya pada tanggal ini, aku harus sudah berada di tempat ini. Itinerary juga membantu kita untuk menentukan budget yang akan dikeluarkan di 1 negara tujuan. Tapi, itinerary jangan dijadikan patokan baku ya. Sebagai contoh di 2 negara terakhir di Kamboja dan Viet Nam, aku lebih banyak menghabiskan waktu untuk sekedar bercakap dengan traveler lain atau host yang menampungku. Kalau travelling cuma buat ambisius mengejar tempat wisata saja, capek gaes hehehe. Dan menurutku juga, bercakap-cakap dengan mereka, setidaknya kita bisa bertukar cerita entah itu pengalaman travelling atau budaya yang berbeda antara negara satu dengan negara lainnya.

Nah kurang lebih itu ya yang bisa aku bagikan untuk saat ini. Eiittss, ini baru Part 1, masih ada part selanjutnya yang akan membahas lebih detail tentang jejak perjalananku di Asia Tenggara. Buat kalian yang ingin tahu itinerary secara detail dan komprehensif boleh drop email di kolom komentar atau langsung DM di Instagram ya :D

Rangkaian cerita dan detail biaya perjalananku selanjutnya ada di
19 Days Overland ASEAN - Transportation
19 Days Overland ASEAN - Accomodation
19 Days Overland ASEAN - Food

You Might Also Like

1 comments

  1. wah keren mas! 19 hari perjalanan bisa eksplor banyak tempat sepanjang rute :D

    ReplyDelete