[Gallery] Museum Adityawarman

September 01, 2018

Beranjak dari (Baca: Bukittinggi) saat matahari mulai bersinar terik, aku sampai di Bandara Minangkabau pukul 9 pagi. Aku mempunyai waktu 5 jam sebelum pesawat take off membawaku kembali ke Jakarta pukul 14.45. Siang itu, cuaca di Kota Padang cukup untuk mengeluarkan bulir keringat dari tubuhku. Aku sudah menyiapkan itinerary sehari sebelumnya untuk berkeliling, dan saat itu hatiku tertaut untuk mengunjungi Museum Adityawarman yang berada di jantung Kota Padang.

Mengunjungi museum mungkin bagi sebagian orang adalah sesuatu yang membosankan, namun justru dari museum itulah kita tahu sejarah dari suatu tempat yang kita pijak. Pada postingan kali ini, aku tidak akan banyak bercerita, karena aku hanya ambil gambar dari sebagian sudut bangunan Museum Adityawarman. Jika kamu memang penasaran dan ingin melihatnya lebih jelas, datanglah ke sana, dan rasakanlah atmosfer Minangkabau dari museumnya.

Museum Adityawarman dari depan
Pengantar tentang Sumatera Barat
Jenis-Jenis Rumah Gadang
Warisan Islam Minangkabau Berupa Mushaf Al Qur-an
Pakaian Adat Suku Minang
Pengantar Masuk Ruangan Bencana 
Sahabat dalam duka
Dokumentasi Saat Bencana Gempa 2009

Para Awak Media
Pengantar tentang Suku Mentawai
Jejak Prasejarah Suku Mentawai

Visualisasi Suku Mentawai
Visualisasi Suku Mentawai (2)
Alat Mata Pencaharian Suku Mentawai
Ilmu Meramal Suku Mentawai
Mungkin saat ini aku hanya bisa melihat khazanah kekayaan budaya Suku Minang dan Suku Mentawai dari museumnya. Namun, sebenarnya aku ingin mengulangi perjalananku ini dan menjelajah setiap sudut Sumatera Barat yang rasanya butuh waktu yang nggak sedikit. Semoga.. Aamiin..

You Might Also Like

1 comments