Pengalaman Bus Road Trip Medan - Banda Aceh

June 09, 2018

Pernahkah temen-temen pergi ke Banda Aceh? Kalau pernah, biasanya naik apa? Asumsiku, sekitar 80% orang pasti menggunakan moda transportasi pesawat terbang. Nah, di postingan kali ini, aku bakal mereview pengalaman road trip dari Medan, Sumatera Utara ke Banda Aceh menggunakan Bus Double Decker Mewah bernama Sempati Star.

Alasanku memilih menggunakan moda transportasi Bus ini dikarenakan pesawat promo Sriwijaya Air yang aku tumpangi hanya tersedia rute Jakarta-Medan, tidak menyediakan rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Banda Aceh. Setelah searching sana-sini, dapatlah info kalau kita bisa naik bus mewah double decker dari Kota Medan ke Banda Aceh. Aku coba iseng-iseng ngecek di Traveloka, barang kali sudah menyediakan pemesanan tiket bus secara online. Eh, iseng-isengku ternyata berhadiah hahaha. Cek nih gambar di bawah.

tiket bus medan aceh
Harga tiket bus

Sebenarnya, ada banyak pilihan bus yang melayani rute Medan-Banda Aceh, namun yang recommended menurutku sih Sempati Star, karena di samping armadanya bagus, ketepatan waktu juga menjadi nilai plusnya. Harga yang tercantum di Traveloka di atas adalah harga final, dalam artian tidak ada lagi penambahan biaya apapun di luar itu. Nah tips nih buat kalian yang mau merasakan bus ini dengan harga murah. Belilah tiket bus di Traveloka! Harganya lebih murah jauh dengan harga waktu beli on the spot. My bad gak sempet foto harga tiket bus di pool busnya :(( Kadang juga kalo Traveloka ada promo tiket bus, harga yang tercantum di atas, bisa dapet diskon lagi. Enak kan?

Oke, sekarang kita review Bus Sempati Star.

Sejarah Sempati Star
Perusahaan Sempati Star berawal dari Perusahaan Bintang Sempati. Namun, sejak tahun 2012, PO Bintang Sempati tidak beroperasi lagi dan diambil alih oleh PO Sempati Star. Hingga saat ini, PO Sempati Star berkembang sangat pesat sejak peralihan dari Bintang Sempati, sudah ada lebih dari 50an armada yang beroperasi.

Pool bus Sempati Star berada di Jl. Asrama, Tanjung Rejo, Medan Sunggal, Sei Sikambing C. II, Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara. Rute yang dilayani oleh bus ini sangat bervariasi, hampir semua kota di Provinsi Aceh ada. Sebagai contoh Medan-Banda Aceh PP, Medan-Takengon PP, Medan-Lhokseumawe PP, Medan-Meulaboh PP, Medan-Aceh Singkil PP dan masih banyak lagi (lupa hehe)

Review Eksterior Bus
Pertama kali lihat Bus Sempati Star, aku langsung menggelengkan kepala. Bukan karena apa, tapi kagum dengan bodi double decker yang gede banget. Mungkin karena di Jawa jarang ada bus double decker, jadi aku kelihatan ndeso lihat bus segede ini.

tampak depan bus sempati star
Tampak depan Bus
Bus Sempati Star memiliki 3 pintu masuk. 1 pintu masuk untuk sopir, 1 pintu masuk untuk kondektur, dan 1 pintu masuk untuk penumpang. Semuanya berada di deck bawah. Bus ini juga dilengkapi dengan bagasi yang lumayan gede, cukup untuk menampung barang-barang besar seperti kardus. Jendela bus tidak terlalu terang dilihat dari luar dan tidak bisa dibuka dari dalam. Kaca jendela lumayan tebal.

Review Interior Bus
deck atas sempati star
Deck atas depan
Setelah lihat eksterior bus, aku masuk ke dalam Bus. Ya.. emang dasarnya ndeso wkwk. Masuk deck bawah aja udah kagum. Deck bawah ini sangat eksklusif. Aku tanya kepada kondekturnya, deck bawah ini untuk penumpang yang membayar tiket seharga Rp 430.000. Ada 12 kursi dengan komposisi 2-2. Oiya, di deck bawah juga ada kamar mandi yang bisa digunakan oleh setiap penumpang. Kamar mandinya bersih dan wangi.

deck atas belakang sempati star
Deck atas belakang
Baiklah, karena harga tiketku Rp 162.000, aku naik ke deck atas. Emang kelihatan beda sih deck bawah dan deck atas. Deck bawah terasa lebih longgar daripada deck atas. Kapasitas deck atas ada 54 kursi dengan komposisi 2-2. Kalau aku pribadi sih, harga 400 ribu dan 160 ribu tidak ada bedanya lhoo :p Fasilitas yang didapat di kursi itu sama persis, kursi empuk, bantal, selimut, dan di depan ada TV entertain yang menyediakan berbagai pilihan film. Oiya, filmnya juga up to date lhoo.

tempat duduk sempati star
Fasilitas Tempat Duduk
Pendapat Pribadi
Overall kalo ada rating dari 1-10, aku memberi rating 9 untuk Bus ini. Kenapa nggak 10? Karena harga tiket kita nggak include makanan ataupun snack wkwkwk. Tapi tenang, waktu itu aku road trip pas Bulan Ramadhan. Waktu berbuka puasa dan sahur, kita bakal berhenti di rumah makan pinggir jalan kok. Nilai plusnya lagi, saat waktu sholat tiba, bus juga akan berhenti di masjid terdekat. Jadi, jangan khawatir temen-temen bakal kelaparan ya di bus.

Sopir dan kondektur Bus Sempati Star juga ramah-ramah. Mereka bakal membantu jika kita ada keperluan mendadak seperti pusing, mual, atau kebelet buang air. Oiya btw, ini pengalaman pertamaku naik bus tingkat dan di deck atas. Rasanya pusing dan mual bro, apalagi ditambah kalau kita nonton Entertain TV. Makanya waktu itu, aku hanya bermain HP sambil mendengarkan musik, dan tidur pastinya. Selamat mencoba guys Road Trip Medan-Aceh.

bus sempati star malam
Bus berhenti saat waktu berbuka

foto di gudang bus
Nampang dulu sebelum berangkat :p

You Might Also Like

1 comments

  1. Keren liq, semoga aku cepet nyusul ya untuk ibadah haji ke tanah suci Mekkah...Aamiin

    ReplyDelete